Latest News :
Home » , , » Aplikasi Fiqih untuk kehidupan sehari-hari

Aplikasi Fiqih untuk kehidupan sehari-hari

Written By minna press publications on Jumat, 28 Oktober 2011 | 17.06

Pagi itu tepatnya hari jum’at (07/10) pengurus FKU (Forum Komunikasi Ulya) Madrasah Diniyah Darut Taqwa terlihat sibuk mempersiapkan ruang kelas atau Aula yang ada di SMA Darut Taqwa. Rencananya pada jam 08.00 pagi akan dilaksanakan acara FKU yaitu Acara Paraktek Ubudiyah tentang Nikah yang mengangkat Tema “Annikahu Sunnati Faman Roghiba An Sunnati Falaisa Minni”. Pada kesempatan kali ini yang menjadi narasumber adalah Ust. H. Luqman Hakim, S.PdI yang lebih akrab dengan panggilan Pak Luqman. Beliau juga berstatus sebagai staf pengajar di Madrasah Diniyah Darut Taqwa dalam bidang ilmu Fiqih. Acara baru dimulai pukul 08.30 karena para peserta yang baru datang. Acara seremonial dibuka oleh Asrofi yang bertindak sbagai MC kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia, Pembina FKU dan Kepala Madrasah Diniyah Darut Taqwa kemudian acara seremonial tersebut ditutup dengan bacaan do’a yang dipimpin oleh Bapak Luqman. Peserta yang datang cukup banyak, dari santri putra ada 40 peserta dan dari santri putrid ada 99 peserta. Pukul 09.00 penyampain materi oleh Bapak Luqman dimulai, peserta yang terlihat semngat dengan antusias mengikuti jalannya acara dan meteri yag disampaikan oleh narasumber yang di tengah-tengah materi juga diselipkan sedikit hiburan atau guyonan-guyonan pada para peserta agar tidak terkesan jenuh. Di sela-sela materi, Pak Luqman juga berpesan, “Agama jangan sampai ditukar dengan sentolop atau damar templek, anak pondok dan orang islam itu banyak yang cantik, kenapa harus cari yang beda dengan kita” (Sentolop= Lampu Senter, Damar Templek= Lampu Dinding. Jawa.Red). “Kalau bisa santri ya dapatnya santri juga, anak yang pakai kopyah diusahakan dapat anak yang pakai kerudung, yang pakai sarung diusahakan dapat yang pakai rok panjang” tambah Pak Luqman di sela-sela materi. Setelah banyak materi yang disampaikan, Pak Luqman memanggil beberapa peserta untuk mempraktekkan cara Akad nikah yang benar dan yang sesuai dengan syariat agama islam. Setelah itu acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. Para peserta terlihat sangat bersemangat, terbukti dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber dalam sesi tersebut. Acara pada hari itu selesai pada jam 10.30 tepat, dan diakhiri dengn pembacaan do’a oleh Pak Luqman. Setelah acara ditutup, Pak Luqman menyempatkan diri foto bersama dengan para panitia dari FKU dan juga sebagian peserta.
“Acara ini bertujuan untuk memahamkan santri dalam hal Nikah dan prosesi Akad Nikah yang sebenarnya, yang sesuai dengan hukum syara’” ucap Nurul Aini siswi kelas Wustho II yang kebetulan menjadi ketua panitia dalam acara tersebut.
Selain itu, Ust. Durrotun Nasihin, S.PdI selaku kepala Madrasah Diniyah Darut Taqwa juga menyatakan sangat bangga, bersyukur dan berterima kasih kepada teman-teman FKU karena telah membantu memahamkan para santri dalam hal aplikasi fiqih tersebut. Beliau juga berharap agar acara seperti ini bisa terus diadakan dan berkelanjutan, tidak hanya pengenalan atau dasar-dasarnya saja. (46)
Oleh : Sahabat FKU (Forum Komunikasi Ulya') terhadap pembelajaran Ubudiyah di kalangan santri Ngalah
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Mas Template | Johny Magazine | Johny News
Copyright © 2011. Media Informasi Ngalah Darut Taqwa - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Slider Script Borneo Templates
Proudly powered by Blogger